Wednesday, November 20, 2013

Zat Kimia Penyebab Kanker di Rokok Juga Ditemukan Pada Gorengan

Tak cukup hanya dengan berhenti merokok jika Anda ingin mengurangi risiko kanker. Sebuah studi terbaru mengungkapkan adanya zat kimia berbahaya seperti di rokok yang terdapat pada makanan yang diolah dengan cara digoreng.

The US Food and Drug Administration (FDA) mengungkapkan bahwa zat penyebab kanker pada rokok yang dikenal sebagai akrilamida, juga dapat terbentuk dalam makanan selama menggunakan suhu memasak yang tinggi seperti digoreng dan dipanggang.

Dilansir News.com.au, Rabu (20/11/2013), gula dan asam amino yang ditemukan dalam sebagian besar makanan nabati bergabung membentuk akrilamida di bawah suhu tinggi.

Jika Anda merasa sulit untuk benar-benar menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng, FDA menegaskan bahwa Anda masih bisa mengonsumsinya. Hanya saja dianjurkan untuk membatasi porsinya, jangan berlebihan.

Selain itu, terapkan pola makan sehat yang seimbang dengan mengutamakan menu seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan susu bebas lemak. Bisa juga menambahkan produk olahan susu, daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, dan telur.

No comments:

Post a Comment