Monday, October 28, 2013

Pohon Gurita & Misteri Kuburan Indian di AS

Octopus Tree, pohon gurita di AS (Amusing Planet)
Octopus Tree atau pohon gurita di Tillamook, Oregon, AS mencuri perhatian banyak traveler. Batang-batang pohonnya ada banyak dan menjulang tinggi bak kaki gurita. Lebih dari itu, pohon ini juga punya kisah misteri dari suku Indian!

Patung Liberty atau Grand Canyon, mungkin jadi destinasi paling populer dari Negeri Paman Sam. Tapi siapa sangka, di sana juga terdapat Octopus Tree yang bakal membuat Anda geleng-geleng kepala. Inilah pohon gurita yang bentuknya unik dan konon punya kisah misteri.

Ditengok dari situs Oregon Travel Center, Senin (28/10/2013) Octopus Tree tepatnya berada di Cape Meares State Park atau sekitar 14 km sebelah barat dari Kota Tillamook. Di sanalah terdapat hutan pohon cemara yang lebat.

Octopus Tree pun sebenarnya merupakan satu dari sekian banyak pohon cemara di sana. Bedanya, Octopus Tree adalah pohon cemara yang bentuknya terlihat seperti gurita.

Octopus Tree tidak mempunyai batang pusat. Berbeda dengan pohon cemara pada umumnya yang hanya punya satu batang, Octopus Tree justru memiliki beberapa batang (mungkin sekitar 8 yang besar) yang muncul dari tanah dan menjulang tinggi hingga 105 meter. Diameter Octopus Tree mencapai 46 meter.

Keberadaan Octopus Tree pun perlahan menjadi perhatian traveler dunia. Oregon Heritage Tree, suatu badan yang melindungi dan menjaga pohon-pohon tua nan bersejarah di Oregon, sudah melindungi keberadaan pohon gurita ini dan membuat pagar di sekitarnya sejak tahun 2009 silam.

Bahkan, mereka juga melarang siapapun termasuk peneliti untuk menebang batang pohon untuk mengetahui umur Octopus Tree sebenarnya. Menurut masyarakat sekitar, Octopus Tree usianya sudah mencapai 300 tahun.

Papan penjelasan Octopus Tree (Amusing Planet)
Siapa pun yang melihat Octopus Tree pasti dibuat takjub. Tapi tahukah Anda, di balik keunikan pohon gurita ini ternyata ada kisah misteri yang dipercaya masyarakat setempat.

Konon, puluhan ribu tahun yang lalu Suku Indian membentuk pohon tersebut menjadi seperti gurita yang dilihat sekarang ini. Mereka kemudian meletakan jenazah-jenazah yang ada di dalam kano dan memasukannya ke dalam batang-batang pohonnya. Hal tersebut pun memakan waktu yang tak lama.

Selain itu, masyarakat percaya setempat percaya kalau ada juga peninggalan-peninggalan suku Indian yang dikubur di sekitar Octopus Tree. Jadi, Octopus Tree diyakini sebagai situs pemakaman Suku Indian!

Hingga hari ini, kisah misteri Octopus Tree masih belum terpecahkan. Anda boleh percaya tidak percaya, kalau sebenarnya pohon ini adalah kuburan atau hanya merupakan fenomena alam saja. Meski begitu, Octopus Tree ini punya pemandangan unik dan sulit untuk ditemukan di tempat mana pun.

No comments:

Post a Comment