Monday, October 28, 2013

Rute Baru Kereta Ekonomi AC, Surabaya-Malang dan Bogor-Cianjur

PT KAI (Persero) terus membuka rute baru untuk kereta jarak pendek. Pada tanggal 1 November 2013, KAI bakal meluncurkan kereta ekonomi AC jurusan Surabaya-Malang di Jawa Timur.

Nantinya kereta ini bisa melayani 3 kali perjalanan pulang pergi Surabaya-Malang setiap harinya.

"Nanti per 1 November diluncurkan kereta api ekonomi AC rute Malang-Surabaya. Waktu tempuh 2 jam 5 menit. Kalau perjalan darat bisa 3 jam. Ini bisa memberi solusi mengurai kepadatan lalu lintas Surabaya-Malang via Porong," kata Kepala Humas KAI Sugeng Priyono saat ditemui di lobby Kementerian BUMN Jakarta, Senin (28/10/2013).

Dalam 1 rangkaian kereta mampu membawa hingga 600 penumpang sekali jalan. Penumpang akan diangkut dalam 1 rangkaian kereta yang terdiri dari 6 kereta.

Kapasitas setiap kereta mencapai 100 orang. Kereta ini bakal membidik pangsa pasar pekerja, pebisnis hingga mahasiswa.

"Harga tiketnya Rp 20 ribu untuk ekonomi AC. Itu hanya ada 1 kelas," sebutnya.

Diakuinya pembukaan rute pendek ini pernah dilakukan pada periode 2000-an. Namun ditutup karena waktu perjalan dinilai tidak menguntungkan dan menarik secara bisnis.

Kereta ekonomi AC ini direncanakan berhenti pada setiap 4 stasiun yakni Lawang, Sidoarjo, Waru dan Wonokromo.

"Itu keretanya ditarik lokomotif. Malang-Surabaya nggak pakai KRDE karena banyak tanjakan karena banyak lereng. Itu riskan kalau pakai KRDE," jelasnya.

Pada akhir bulan November juga, KAI berencana meluncurkan kereta jurusan Bogor-Sukabumi-Cianjur. Kereta ini bakal dilayani oleh 5 rangkaian yang terdiri dari 4 kereta ekonomi AC dan 1 kereta eksekutif.

Kereta eksekutif berkapasitas 50 orang dan kereta ekonomi ac berkapasitas 106 orang per kereta.

"Cianjur ke Bogor diprogramkan nanti sama. Ada 3 rate (pulang pergi). Mulainya minggu ke-2 November atau paling lambat akhir November. Sekarang lagi mengecek kesiapan infrastruktur," sebutnya.

Untuk kereta ekonomi AC rute Bogor-Cianjur dibandrol Rp 30.000 per penumpang dan kelas eksekutif sebesar Rp 70.000 per penumpang. Panjang
rute Bogor-Cianjur mencapai 87 km.

No comments:

Post a Comment