Sunday, October 27, 2013

Update Social Media dan Tertawa Bisa Bantu Pangkas Kalori

Ketika Anda ingin memangkas kalori dalam tubuh Anda agar tubuh Anda indah, bayangan diet yang ketat dan olahraga ekstra pasti mulai muncul di kepala Anda. Tapi ternyata tidak sesulit itu lho.

Ada beberapa hal yang sangat sederhana yang dapat Anda lakukan setiap harinya untuk memangkas kalori. Bahkan bisa Anda lakukan di saat santai. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda indah dan bebas dari kalori berlebih. Dikutip dari Woman's Day, Minggu (27/10/2013).

1. Pelihara Binatang
Mungkin tidak terbayangkan oleh Anda sebelumnya bahwa ternyata memiliki seekor binatang peliharaan bisa membakar kalori. Para peneliti di Michigan State University menemukan bahwa dengan memiliki seekor anjing berhubungan dengan membakar 200 kalori berlebih per minggunya.

Hal ini dikarenakan seseorang yang memiliki anjing akan menghabiskan waktu untuk berjalan dengan anjing mereka. Berjalan dengan anjing umumnya akan menghabiskan waktu sekitar satu jam lebih lama per minggu dibandingkan dengan orang yang berjalan kaki namun tidak bersama anjing mereka.

2. Gunakan Social Media
Ketika Anda menuliskan di social media bahwa Anda baru saja makan cokelat, Anda pasti benar-benar memakannya bukan? Nah, hal itu bisa membantu Anda dalam menghitung berapa banyak kalori yang sudah masuk dalam tubuh Anda.

Dan tentunya, setelah Anda membaca kembali seberapa banyak kalori yang sudah Anda makan, Anda akan lebih sadar seberapa banyaknya kalori yang sudah masuk dalam tubuh Anda.

Selain itu, kini juga sudah semakin banyak aplikasi smartphone yang dapat membantu Anda memangkas kalori Anda. Menggunakan aplikasi social media untuk melacak kalori dan latihan, serta berbagi hasil, juga dapat membantu Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit, menurut sebuah studi oleh LUNA dan Institute for The Future.

3. Duduk Saat Anda Makan
Ya, pastinya Anda biasa duduk sambil makan, namun pasti ada saat Anda sedang membeli makanan ataupun cemilan di jalan dan memakannya sambil berdiri.

Sebuah studi di Kanada menemukan bahwa orang yang makan dari wadah plastik sambil berdiri, mengonsumsi 30 persen lebih banyak kalori di kemudian hari daripada mereka yang makan makanan berlapis yang serupa sambil duduk.

Salah satu alasanyaa adalah ini, ketika makan sambil berdiri dapat terasa seperti cemilan dibandingkan makanan lengkap. Rasa lapar dan kenyang dapat condong jika Anda tidak dalam lingkungan makanan yang tepat. Jadi, duduklah ketika Anda makan, agar Anda makan degan penuh kesadaran.

4. Sikat Gigi Setelah Makan Malam
Ketika Anda sudah sikat gigi di malam hari, pastinya Anda merasa malas untuk kembali makan karena itu artinya Anda harus kembali sikat gigi. Nah, jika seusai makan malam Anda masih berada di luar, bawalah sikat gigi dan pasta gigi ukuran kecil di tas Anda. Sehingga Anda tetap dapat sikat gigi setelah makan malam.

5. Makan Buah Terlebih Dahulu
Nah, jika biasanya Anda makan buah untuk mencuci mulut setelah makanan utama, mulailah dengan memutar urutannya dengan makan buah lebih dahulu. Rasa lapar biasanya hanya muncul pada pikiran Anda. Cara sehat untuk menghindari kalori yang berlebih Anda adalah degan makan buah seperti apel atau yang lainnya sebelum makan makanan berat atau camilan lainnya.

Ketika Anda bosan Anda pasti tidak ingin makan buah dan tidak akan makan buah. Tapi ketika Anda sedang sangat lapar, Anda akan menginginkan buah itu. Nah sebaiknya pilihlah buah yang memiliki kulit sehingga Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk makan dan memberikan waktu yang cukup untuk otak Anda mengenali bahwa Anda sudah kenyang.

6. Tertawalah
Ya, tertawalah! Sebuah studi mengatakan bahwa tertawa baik untuk meningkatkan mood dan meredakan stres yang mungkin menjadi akar dari hankerings kenyamanan makan Anda. Tertawa dikaitkan dengan penurunan hormon stres yang berhubungan dengan hasrat untuk makanan yang tinggi lemak dan tinggi gula.

Studi di dalam The Internasional Journal of Obesity menemukan bahwa dengan tertawa dapat meningkatkan baik detak jantung dan pengurangan kalori hingga 20 persen, degan 15 menit tertawa Anda akan membakar hingga 40 kalori. Jadi, mulailah menonton film-film komedi favorit Anda guna menurunkan kalori dan membuat Anda lebih bahagia.

No comments:

Post a Comment