Wednesday, October 30, 2013

Terowongan Ini Dari Asia Tembus ke Eropa

Kereta MRT bersiap di terowongan Marmaray (Reuters)
Coba bayangkan, ada terowongan bawah laut dari Asia tembus ke Eropa. Berapa kilometer panjangnya? Cukup 1,4 km saja! Wisatawan bisa datang ke Istanbul, Turki, untuk melihat terowongan yang baru diresmikan ini.

Istanbul memang terbagi dua, separuh masuk tanah Benua Eropa dan separuh masuk tanah Benua Asia. Pemisahnya adalah Selat Bosphorus. Kekhalifahan Usmaniyah pada 150 tahun lalu sudah bermimpi ada terowongan bawah laut yang bisa menghubungkan kedua benua ini.

Akhirnya mimpi itu diwujudkan PM Turki Recep Tayyip Erdogan dengan meresmikan terowongan bawah laut untuk MRT yang menghubungkan Istanbul Eropa dan Istanbul Asia. Dilansir News.com, Rabu (30/10/2013) terowongan bernama Marmaray panjangnya 13,6 km dengan bagian yang berada di bawah laut sepanjang 1,4 km.

"Saya berharap kepada Tuhan agar Marmaray yang kita resmikan hari ini bermanfaat untuk Istanbul, untuk negara kita dan untuk umat manusia," kata Erdogan saat peresmian.

Terowongan ini dibangun dengan duit 3 miliar Euro (Rp 45,7 triliun). Diharapkan MRT yang lewat di terowongan ini bisa membawa 1,5 juta penumpang tiap hari dan mengurangi kemacetan di Istanbul.

Oh iya, terowongan bawah laut ini dibikin bukan dengan menggali tanah di bawah laut, lho! Mereka membangun potongan-potongan terowongan di luar laut, lantas diturunkan ke kedalaman 55 meter di bawah laut dan disambung-sambung.

Pembangunan terowongan ini selama 8 tahun, sempat tertunda lantaran penemuan benda arkeologi di jalur terowongan. Pemerintah Turki menjamin terowongan bawah laut mereka aman dan kuat menahan gempa 9 skala Richter.

Saat peresmian, Erdogan mengajak PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden Somalia Hasan Sheikh Mahmud mencoba kereta MRT bawah lautnya. Nah, kalau Anda nanti ke sana, mau ajak siapa ya?

PM Erdogan siap masuk ke MRT Marmaray (AFP)


No comments:

Post a Comment