Wednesday, November 13, 2013

10 Pesawat Mata-mata Canggih Produksi AS

Indonesia telah mampu menciptakan pesawat nirawak yang bisa digunakan sebagai pesawat mata-mata. PT Dirgantara Indonesia dan BPPT sudah membuktikannya. Meski tak memiliki kapasitas dan durasi yang lama di udara, hal tersebut patut dibanggakan.

Pesawat mata-mata menjadi sebuah teknologi mutakhir yang dikembangkan di beberapa negara, contohnya di Amerika Serikat. AS sendiri telah menciptakan pesawat jet untuk mata-mata yang diberi nama SR 71 Blackbird.

SR 71 mampu terbang 3 kali lebih cepat dari kecepatan suara dalam ketinggian 85.000 kaki di atas permukaan laut. Kini, SR 71 memiliki anak yang disebut SR 72. Jelas pesawat yang dibuat Lockheed Martin ini lebih mutakhir dibanding "kakaknya".

Dikutip dari CNN, Rabu (13/11/2013), banyak pesawat mata-mata lain yang dimiliki AS. Apa saja? Ini daftarnya.




10. SR-71B Blackbird
Sama dengan pesawat SR-71, pesawat ini adalah salah satu pesawat mata-mata canggih yang dimiliki Amerika Serikat.

9. U-2
Ini adalah sebuah pesawat yang memiliki kemampuan terbang mencapai ketinggian yang luar biasa. Pesawat ini dianggap sebagai pesawat mata-mata karena kemampuan terbangnya tersebut. Namun, tetap saja radar pertahanan Uni Soviet mampu mendeteksi pesawat ini

8. RB-47
Pada tahun 1950-an, pesawat ini digunakan untuk misi memata-matai Uni Soviet dan area yang dianggap bahaya lainnya. Tapi seiring berjalan waktu, pesawat ini menjadi rentan diketahui musuh.

7. MQ-1 Predator
Pesawat ini tak memiliki awak dan digunakan untuk keperluan mata-mata. Pesawat yang hampir sama dibuat oleh BUMN PT Dirgantara Indonesia.

6. F-22 Raptor Interceptor
Pesawat jet ini menggunakan teknologi spionase. Selesai diterbangkan untuk pertama kalinya di tahun 1997.

5. B-2 Spirit
B-2 Spirit adalah pesawat pengebom tersembunyi. Dalam gambar terllihat jet tersebut terbang di atas laut Pasifik tahun 2006.

4. Northtrop YB-49
Pesawat ini tidak dianggap sebagai pesawat mata-mata, tapi sebagai pengembom strategis (strategic bomber). Desainnya dibuat untuk B-2 Spirit, sebuah pesawat pengebom anti radar.

3. F-117 Nighthawk
Pesawat ini adalah salah satu dari pesawat mata-mata yang terkenal dan berhasil diciptakan oleh AS. Pesawat ini merupakan pesawat pertama memiliki desain lengkap untuk tujuan spionase. Pengembangan pesawat ini tidak diketahui pada awal 1980.

2. EP 3E Aries
Ini adalah jenis pesawat yang menggunakan peralatan mata-mata elektronik untuk sebuah misi primer. Salah satu pesawat ini pernah bertabrakan dengan pesawat jet China di tahun 2011.

1. SR 72
Pesawat ini 2 kali lebih canggih dan lebih cepat dari SR 71. Pasalnya SR 72 akan didisain memiliki peluncur roket, yang mana tidak ada di pesawat SR 71.

No comments:

Post a Comment