Sunday, November 10, 2013

Uang Kertas Pertama yang Dikeluarkan Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) mengeluarkan uang kertas pertama pada tahun 1952. Uang kertas ini dikeluarkan dalam tujuh pecahan, mulai dari Rp 5 hingga Rp 1.000.

Uang tersebut masih rapih tersimpan di brankas numismatik di museum Bank Indonesia, Kawasan Kota Tua, uang pertama yang dikeluarkan BI ini berbarengan dengan berdirinya BI setelah berganti nama dari De Javasche Bank pada tahun 1952.

Tetapi uang kertas tersebut baru diedarkan setelah berlakunya UU Nomor 11/1953.

Museum BI ini memang menyimpan sejarah tentang uang dan segala aktifitas bank sentral tempo dulu. Museum BI ini menjadi suatu lembaga tempat mengumpulkan, menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan aneka benda yang berkaitan dengan perjalanan panjang BI.

"Saat ini memang telah ada beberapa museum yang keberadaannya mempunyai kaitan dengan sejarah BI, namun museum-museum tersebut masih belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Selain itu, gagasan untuk mewujudkan Museum Bank Indonesia juga diilhami oleh adanya beberapa museum bank sentral di negara lain, sebagai sebuah lembaga yang menyertai keberadaan bank sentral itu sendiri," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Difi Johansyah.

No comments:

Post a Comment