Thursday, November 7, 2013

Bakteri Baik Dalam Acar Lobak Jepang Terbukti Ampuh Lawan Virus Flu

Bahan makanan fermentasi kaya probiotik terbukti mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Sebuah penelitian terbaru menyatakan kandungan bakteri baik dalam acar lobak Jepang bisa mencegah flu biasa hingga virus flu burung.

Studi ini dilakukan oleh Kagome, produsen makanan di Jepang. Mereka meneliti makanan tradisional Jepang suguki atau acar lobak. Ditemukan kandungan bakteria Lactobacillus didalamnya bisa mencegah virus flu fatal seperti H1N1 dan flu burung H7N9 yang saat ini sedang melanda China.

Minuman probiotik yang mengandung KB290 dari bakteria tersebut saat ini telah diuji pada tikus percobaan.“Hasilnya menunjukkan zat terrtentu dalam Lactobacillus brevis yang dikonsumsi oleh tikus mempunyai efek perlindungan dari infeksi virus influenza,” tutur Naoko Waki selaku kepala peneliti.

Tim peneliti percaya lapisan gulabernama exopolysaccharides melindungi bakteria dari asam lambung karenanya bakteri ampuh melawan flu. Dalam studi dengan tikus percobaan, bakteria tersebut memicu sistem imunitas untuk membentuk lebih banyak antibodi pelawan flu.

Sebelumnya, beberapa penelitian telah menguak vaksin flu. Bulan lalu, ilmuwan memperkirakan vaksin flu Holy Grail yang bisa melindungi virus flu akan mulai dipasarkan dalam lima tahun ke depan. Tim peneliti dari Inggris dan Eropa saat ini bersiap untuk menguji vaksin universal setelah uji coba pada manusia berhasil.

No comments:

Post a Comment