Monday, October 21, 2013

Amputasi Kaki Sendiri dengan Pisau Buah Karena Tak Punya Uang Berobat ke RS

Keterbatasan finansial terkadang membuat seseorang begitu putus asa sehingga nekat melakukan sesuatu. Seperti yang dialami petani miskin dari Hefei, China, yang merasa sakit luar biasa di kaki. Merasa tidak bisa membayar pengobatan yang lebih baik di RS, pria ini nekat mengamputasi kakinya dengan menggunakan pisau buah.

Adalah Zheng Yanliang yang menderita komplikasi gumpalan darah yang mengamputasi kakinya sendiri. Pria 47 tahun itu pertama kali merasakan sakit di kakinya pada Jauari 2011. Saat berobat, dokter memberinya obat penghilang rasa sakit. Namun obat itu tidak memberikan dampak yang diharapkan. Hingga akhirnya dokter menyarankan Zheng menjalani prosedur amputasi kaki.

Amputasi kaki itu perlu dilakukan karena bisa mengancam keselamatan Zheng. Hingga suatu malam pada April 2012, dia dilaporkan menggunakan gergaji besi dan pisau buah untuk memotong kakinya, sedikitnya kurang dari enam inci di bawah pinggul. Zheng berusaha menyelamatkan hidupnya sendiri.

"... Saya menggunakan pisau untuk mengiris kulit dan menariknya kembali sehingga saya bisa melihat tulang. Kemudian saya menggunakan gergaji untuk mengiris tulang setelah membebatkan ikat pinggang di sekitar kaki untuk menghentikan aliran darah," kata Zheng, dikutip dari Huffington Post, Senin (21/10/2013).

Zheng mengaku tidak ingin menyusahkan sang istri, akan tetapi dia terpaksa membangunkan istrinya. Sebab saat itu pisau gergaji besinya rusak. Hingga akhirnya Zheng dilaporkan telah sembuh dari dari luka yang disebabkan amputasinya sendiri itu. Meski demikian dia harus mengamputasi kakinya yang satu lagi. Namun menurut Daily Star, Zheng tidak perlu melakukan amputasi ini sendiri lagi. Dokter yang berbasis di Shanghai, Zhang Qiang, mengatakan Zhen tidak akan dikenai biaya apapun untuk mendapat prosedur ini.

No comments:

Post a Comment