Friday, October 25, 2013

Makanan Manis Bisa Picu Orang Jadi Pelupa

Bahaya gula ternyata tidak berhenti sebagai pemicu obesitas dan diabetes saja. Studi terbaru menyatakan banyak konsumsi makanan manis bisa membuat orang jadi pelupa dan merusak otak!

Tim peneliti dari Charite University Hospital di Berlin membuktikan orang dengan kadar gula tinggi dalam darah cenderung mempunyai masalah daya ingat. Tim peneliti merekrut 141 partisipan dengan rata-rata umur 63 tahun yang tidak mengidap diabetes.

Tes yang dilakukan yaitu uji daya ingat dan kadar glukosa partisipan. Partisipan juga melakukan scan otak untuk mengatur ukuran hippocampus.

Partisipan dengan kadar gula rendah dalam darah lebih cenderung mendapatkan nilai baik di tes daya ingat. Sementara yang mempunyai kadar gula tinggi tidak mampu mengingat kembali 15 kata setelah 30 menit.

Peningkatan HbA1c, penanda pengendalian glukosa sekitar tujuh mmol/mol terhubung dengan dua kata yang terlupa. Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal Neurology.

"Hasil studi ini menyatakan penurunan kadar gula darah bisa menjadi strategi yang efektif untuk mencegah masalah daya ingat dan penurunan fungsi kognitif saat seseorang bertambah tua," tutur Dr Agnes Floel selaku kepala peneliti.

Tapi, strategi seperti menurunkan asupan kalori dan meningkatkan aktifitas fisik harus diuji lebih lanjut. Karena dalam studi ini partisipan yang obesitas, mengkonsumsi tiga setengah gelas minuman alkohol per hari, dan mempunyai masalah daya ingat tidak diikutsertakan.

Bagaimana pun, tim peneliti mengakui studi ini perlu diuji lebih lanjut. Dikarenakan satu dari tiga orang berisiko mengidap demensia saat berumur 65 tahun.

No comments:

Post a Comment