Tuesday, October 22, 2013

Bedah Mobil Dinas Obama

Mobil limusin Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang memiliki julukan 'The Beast' akan segera pensiun. Obama pun sedang mencari mobil terbaru. Namun, seperti apa The Beast sebenarnya?

Disebut The Beast, anda pasti akan kaget kalau ini sebenarnya adalah sebuah Cadillac. Namun, ini tidak benar-benar sebuah Cadillac karena ini bagai sebuah benteng berjalan dengan persenjataan yang sudah disiapkan.

Karena itu, mobil ini menjadi sangat berat. Mobil biasa sangat sulit untuk menarik mobil ini terus berjalan, terlebih di era George W Bush yang sempat mogok,

Akhirnya, Secret Service pun memutuskan untuk merancang total mobil ini. Jadi meski mobil ini memiliki emblem Cadillac, sangat sedikit atribut Cadillac yang masih dipertahankan meski dibangun di pabrik General Motors di Detroit.

Dan karena ini adalah sebuah mobil yang istimewa, setiap agen Secret Service yang ditugaskan untuk mengemudikan mobil ini harus mengambil kursus mengemudi selama seminggu di akademi Secret Service.

Disana mereka harus berlatih bermanuver untuk mengelak, menikung pada kecepatan tinggi hingga mengemudi dengan presisi dalam berbagai situasi.

Hmm, apa saja keistimewaan mobil ini? Mari kita bahas bersama

1. Tubuh Kuat
'Otot kawat, tulang besi', mungkin pepatah lama ini masih bisa disematkan di mobil ini. Bagaimana tidak. Sebab The Beast memiliki lapisan baja yang tebal dan berat. Saking beratnya, pintu The Beast bahkan dikatakan sangat sulit untuk didorong terbuka oleh sang presiden seorang diri.

Namun hasilnya, mobil ini memiliki kekuatan sekelas mobil militer hasil dari perpaduan bahan baja, aluminium, titanium dan keramik yang dilapisi fiberglass.

Dengan begitu, serangan senapan serbu atau ledakan granat mampu ditahan oleh mobil ini. Bahkan tangki bahan bakar mobil ini juga berlapis baja dan terbungkus dalam busa khusus untuk melindunginya agar tidak pecah ketika ditabrak atau ditembak.

2. Sistem Pertahanan
Karena ini adalah sebuah mobil yang penting, maka tidak heran bila mobil ini memiliki sistem pertahanan yang lumayan lengkap. Selain tubuh kuat, di bagasinya mobil ini menyimpan berbagai persenjataan.

Ketika diserang, The Beast akan otomatis melakukan penguncian. Kabin mobil ini benar-benar terputus dari dunia luar sehingga ketika ada serangan kimia penghuni kabin akan tetap aman.

Dalam situasi darurat, sebuah satelit aman yang sudah terenkripsi bisa digunakan untuk telepon dan sistem video interaktif khusus sehingga presiden dapat melakukan konferensi video aman dengan para pejabat di Situation Room, kedutaan luar negeri atau Pentagon.

Dan bila sang presiden terluka, maka ada suplai oksigen di bawah kursi presiden dan peralatan medis darurat hingga botol berisi darah yang sesuai dengan golongan darah sang presiden.

Ketika malam, kamera night vision khusus bisa digunakan untuk melarikan diri dari bahaya tanpa perlu menyalakan lampu. Ban yang sudah pecah tertembak pun masih bisa jalan karena menggunakan bahan khusus dari kevlar.

No comments:

Post a Comment