Tuesday, October 22, 2013

Patung-patung yang Terinspirasi Negeri Dongeng

Ada beberapa kisah dongeng yang terkenal di seluruh dunia, mulai dari Peter Pan sampai Little Mermaid. Tahukah Anda, beberapa negara punya patung yang terinspirasi dari tokoh negeri dongeng.

Mengutip Amusing Planet, Selasa (22/10/2013), berikut 5 patung di dunia yang terinspirasi negeri dongeng:

1. The Little Mermaid, Denmark
Little Mermaid adalah dongeng ciptaan Hans Christian Andersen, dibuat tahun 1837. Patung Little Mermaid berlokasi di Langelinie, sekitar 10 menit jalan kaki dari pelabuhan kapal di Copenhagen. Patung ini terletak di atas batu, persis pinggir pantai.

Batu Little Mermaid sudah jadi tempat wisata populer di Copenhagen sejak 1913, dan mengalami beberapa perbaikan selama 1 abad terakhir.

2. Peter Pan, Inggris
Di Kensington Garden, London terdapat sebuah patung perunggu berbentuk anak laki-laki. Dialah Peter Pan, tokoh dongeng yang diciptakan oleh JM Barrie pada 1902. Lokasi patung ini menggambarkan Peter Pan dalam kisahnya 'The Little White Bird', terbang dari jendela kamarnya dan mendarat di dekat danau.

Barrie sendiri yang merancang patung Peter Pan. Dia mengambil foto anak laki-laki usia 6 tahun, mengenakan kostum Peter Pan agar patungnya bisa dibuat sempurna. Pematung itu bernama Sir George Frampton, yang merampungkan patung Peter Pan di Kensington Garden pada 1 Mei 1906.

3. Alice in Wonderland, AS
Tokoh utama dalam Alice in Wonderland adalah patung yang paling digemari pengunjung Central Park, New York. Tokoh Alice diciptakan oleh Lewis Caroll tahun 1865. Patung Alice kemudian dibuat berdasarkan ilustrasi John Tenniel pada edisi pertama buku Alice's Adventures in Wonderland.

Patung Alice tidak sendirian. Dia duduk di atas jamur, ditemani beberapa tokoh lain yakni White Rabbit, Cheshire Cat, Dormouse, Dinah, dan Mad Hatter. Patung ini setinggi 3,3 meter sehingga banyak anak-anak yang memanjatnya.

4. The Pied Piper, Jerman
Kota Hameln di Jerman terkenal oleh dongeng tentang Pied Piper. Alkisah pada 1284, kota ini terkena wabah serangan tikus. Kemudian seorang pria muncul, memainkan suling untuk mengusir tikus yang tak terhitung banyaknya. Dia pun menggiring tikus-tikus itu ke Weser River.

Atas jasanya, patung Pied Piper pun dibuat di beberapa sudut Kota Hameln. Tak hanya patung, tapi juga papan petunjuk dan logo-logo di kota ini.

5. Fremont Troll, AS
Ingat kisah Three Billy Goats Gruff? Salah satu tokohnya adalah Fremont Troll, yang patungnya berada di bawah jembatan di Kota Seattle. Patung Fremont Troll setinggi 5,4 meter, berada di ujung George Washington Memorial Bridge atau yang sering disebut Memorial Bridge.

Patung besar ini dibuat pada 1990 oleh 4 seniman asal Seattle untuk Fremont Arts Council. Karena besar, patung ini juga biasa dipanjat wisatawan.

No comments:

Post a Comment