Thursday, October 24, 2013

Bir Black Garlic Dibuat dengan Ekstrak Bawang Putih Asli

Bawang putih membuat rasa masakan jadi lebih sedap dan beraroma khas. Namun, apa jadinya jika bawang putih dicampur dalam ramuan bir? Apalagi yang digunakan bukan sembarang bawang putih, tapi black garlic!

Black garlic adalah bawang putih yang menghitam karena difermentasi. Bumbu dapur ini dipercaya baik untuk kesehatan dan dapat memperpanjang umur. Uniknya, black garlic dijual sebagai Aomori Garlic Black Beer di prefektur Aomori, daerah penghasil bawang putih terbesar di Jepang.

Aomori Garlic Black Beer buatan Shoji Kudo hadir dalam botol berukuran 330 ml dengan harga 630 yen (Rp 73.000). Di labelnya yang berwarna hitam tertulis 'dengan tambahan ekstrak black garlic'.

Birnyapun berwarna hitam seperti cola. Saat dituang ke gelas, tercium aroma pahit dengan sedikit jejak bawang putih. Rasanya seperti bir biasa ketika pertama dicicip. Namun, tiba-tiba rasa bawang putih naik di tenggorokan.

Rasa bawang putih tadi bukan sekadar aftertaste samar-samar karena bisa dibandingkan dengan rasa parutan bawang putih mentah. Wajar saja efeknya kuat, pasalnya bir ini diproduksi dengan pasta bawang putih yang telah difermentasi.

Setelah meminum setengah gelas bir, reporter situs Rocket News 24 (24/10/13) yang mencobanya merasa seperti habis menandaskan sepiring dumpling gyoza. "Sensasi seperti habis memakan gyoza luar biasa kuat," ujarnya.

Nafaspun jadi berbau bawang putih. Wah, sebaiknya jangan meminum bir ini di dekat pasangan Anda atau saat berbicara dengan orang lain!

No comments:

Post a Comment